Berikut Ayat Yang Melarang Syirik dan Mempersekutukan Allah, Simak!


Sebagai umat Islam tentunya kita sudah mengetahui bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, maka dari itu kita dilarang untuk mempersekutukan Allah. Jika surat Luqman ayat 14 membahas tentang berbuat baik kepada kedua orang tua, maka ayat 15 pada surat tersebut membahas  larangan untuk mempersekutukan Allah.

Nah supaya lebih jelas lagi, tentu kita harus mengetahui beberapa dalil tentang larangan syirik dan mempersekutuka Allah SWT. Maka dari itu berikut simak beberapa ayat yang membahas tentang larangan tersebut.

1.Surat Al-Luqman Ayat 13

Wa iż qāla luqmānu libnihī wa huwa ya'iẓuhụ yā bunayya lā tusyrik billāh, innasy-syirka laẓulmun 'aẓīm

Artinya : Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (Q.S Al-Luqman Ayat 13).

2.Surat Al-Baqarah Ayat 21-22

Yā ayyuhan-nāsu'budụ rabbakumullażī khalaqakum wallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn

Artinya : Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa, (Q.S Al-Baqarah Ayat 21).

Allazii ja'ala lakumul arda firaashanw wassamaaa'a binaaa 'anw wa anzala minassamaaa'i maaa'an fa akhraja bihii minas samaraati rizqal lakum falaa taj'aluu lillaahi andaadanw wa antum ta'lamuun
Artinya : (Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

3.Surat Al-Baqarah Ayat 116

Wa qāluttakhażallāhu waladan sub-ḥānah, bal lahụ mā fis-samāwāti wal-arḍ, kullul lahụ qānitụn

Artinya : Mereka (orang-orang kafir) berkata: "Allah mempunyai anak". Maha Suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya. (Q.S Al-Baqarah Ayat 116).

4.Surat Al-Baqarah Ayat 165

Wa minan naasi mai yattakhizu min duunil laahi andaadai yuhibbuunahum kahubbil laahi wallaziina aamanuuu ashaddu hubbal lillah; wa law yaral laziina zalamuu iz yarawnal 'azaaba annal quwwata lillaahi jamii'anw wa annallaaha shadiidul 'azaab

Artinya : Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zhalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal). (Q.S Al-Baqarah Ayat 165).

5.Surat Ali-Imran Ayat 64

Qul yā ahlal-kitābi ta'ālau ilā kalimatin sawā`im bainanā wa bainakum allā na'buda illallāha wa lā nusyrika bihī syai`aw wa lā yattakhiża ba'ḍunā ba'ḍan arbābam min dụnillāh, fa in tawallau fa qụlusy-hadụ bi`annā muslimụn

Artinya : Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah". Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". (Q.S Ali-Imran Ayat 64).

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar ayat yang menjelaskan tentang larangan syirik dan mempersekutukan Allah AWT. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Berikut Ayat Yang Melarang Syirik dan Mempersekutukan Allah, Simak!"

Posting Komentar