Rekomendasi Jenis Medical Check Up Untuk Wanita

 

 

Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal penting dilakukan. Dari usia muda hingga tua, baik pria maupun wanita, menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga merupakan satu langkah yang tepat dilakukan. Selain itu, salah satu pencegahan yang dapat dilakukan ialah melakukan pemeriksaan medical check up lengkap. Dengan melakukan medical check up, maka segala gangguan kesehatan dapat dengan mudah terdeteksi sejak dini. Bagi pria terdapat beberapa tahapan yang harus diperiksa, begitu pula halnya dengan wanita, berikut beberapa rekomendasi jenis medical check up yang tepat untuk wanita.

1.      Complete Blood Count (CBC)

Menurut survey terdapat lima puluh dua persen wanita usia subur yang tidak hamil mengalami anemia. Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah dikarenakan zat besi yang kurang cukup atau terlalu sedikit pada tubuh. Dengan melakukan tes CBC maka Anda dapat mengetahui apakah Anda mengalami anemia atau tidak. Tes ini juga sebagai screening mengetahui nutrisi umum apa saja yang dapat menyebabkan anemia.

 

2.      HBsAg

Pemeriksaan umum secara menyeluruh yang dapat dilakukan oleh wanita adalah HBsAg yaitu pemeriksaan hepatitis. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi apakah terdapat infeksi hepatitis B akut atau kronis yang Anda alami. Jika terdapat penyakit tersebut, maka Anda dapat dengan segera menanganinya.

 

3.      Profil Lipid

Pada tes ini membantu Anda mengetahui mengenai kesehatan pembuluh darah, maupun resiko penyakit jantung. Tes profil lipid membantu Anda untuk menjaga pola makan, serta pola hidup kearah yang lebih positif, dengan rajin berolahraga.

 

4.      Payudara

Waspada kanker yang sering terjadi pada wanita yakni kanker serviks, payudara, indung telur, dan dinding rahim. Penting bagi wanita untuk melakukan tes ini, tes ini dilakukan untuk mengetahui kelainan atau perubahan yang dialami oleh payudara kita. Contohnya seperti muncul benjolan kecil ataupun yang membuat nyeri. Sebaiknya wanita yang berusia 20-39 melakukan pemeriksaan sekali dalam dua tahun, sedangkan wanita yang berusia diatas 40 tahun sebanyak sekali dalam setahun.

 

5.      PAP Smear

PAP Smear adalah serangkaian tes untuk memeriksa kanker serviks pada wanita. Prosedur ini mendeteksi apakah ada perubahan ataupun terdapat potensi sel-sel yang dapat berkembang menjadi kanker serviks. Mendeteksi sel-sel potensi kanker sejak dini akan membantu menghambat perkembangan sel kanker. Pada umumnya dokter menyarankan memeriksa PAP Smear sebanyak tiga tahun sekali untuk wanita berusia 21-65 tahun. Tes ini dapat dibarengi dengan tes Human Papilomavirus (HPV) yaitu tes infeksi menular seksual yang dapat menyebabkan kanker serviks.

 

6.      Tes Gula Darah

Wanita yang berusia 45 tahun ke atas sebaiknya mulai untuk mengambil tes gula darah setiap tiga tahun sekali untuk memeriksa kadar diabetes atau prediabetes. Tes gula darah akan mengukur kadar glukosa dalam darah, kelebihan dan kekurangan gula darah akan menyebabkan kondisi kesehatan yang serius.

 

            Itulah beberapa rekomendasi jenis medical check up untuk wanita. Dengan melakukan medical check up makan masalah kesehatan dapat diatasi dengan dini sehingga tidak menyebabkan tambah parah. Untuk pemeriksaan medical check up yang lengkap, Anda dapat memeriksanya di RSPI dengan melalui halaman berikut https://www.rspondokindah.co.id/id/facilities-services/executive-health-check-up.

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekomendasi Jenis Medical Check Up Untuk Wanita"

Posting Komentar