Manfaat Asuransi Sosial Untuk Masyarakat


Manfaat Asuransi Sosial Untuk Masyarakat

Asuransi kesehatan sosial adalah asuransi wajib yang ikuti oleh seluruh atau sebagian penduduk. Premi atau iurannya bukan nilai nominal, tetapi presentase upah yang wajib dibayarkan. Manfaat asuransi kesehatan sosial ini telah ditetapkan oleh  peraturan perundang- undangan dan sama dengan semua peserta.

Manfaat Asuransi Kesehatan Sosial

Dalam peraturan pemerintah kita program asuransi sosial adalah program yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan suatu undang-undang, dengan tujuan untuk memberikan perlindungan dasar bagi kesejahteraan masyarakat.

Asuransi Sosial ditawarkan dibentuk oleh pemerintah dan bersifat wajib. Sistem dalam polis asuransi  ini akan memberikan manfaat kepada seseorang yang pendapatannya terputus karena kondisi sosial dan ekonomi atau karena ketidakmampuan mengendalikan solusi secara individu

Asuransi Sosial adalah program asuransi yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan suatu undang- undang, dengan tujuan untuk memberikan perlindungan dasar bagi kesejahteraan masyarakat.

Jenis-Jenis Asuransi Sosial

Secara umum jenis -jenis asuransi sosial di Indonesia di bedakan atas beberapa jenis, berikut ini ulasannya.

       Asuransi Sosial Kecelakaan Penumpang (Askep)

Diatur dalam Undang- Undang Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, yang mana pengurusan dan penguasaan dana dilakukan oleh suatu Perusahaan Negara.

       Asuransi Sosial Kecelakaan Penumpang (Askel)

Diatur dalam Undang- Undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, yang mana pengurusan dan penguasaan dana dilakukan oleh suatu Perusahaan Negara.

       Asuransi Sosial Tenaga Kerja (Astek)

Diatur dalam Undang- Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Penyelenggaranya sebagai penanggung dana adalah pemerintah, yang didelegasikan kepada Badan Usaha Milik Negara.

       Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil (Aspen)

Diatur dalam PP Nomor 25 Tahun 1981 tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil. Badan Penyelenggara Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil.

       Asuransi Sosial ABRI (ASABRI)

Diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 1991 tentang Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Badan yang ditugasi oleh pemerintah sebagai Penyelenggara Asuransi  adalah ABRI.

       Asuransi Sosial Kesehatan (Askes)

Asuransi sosial ini telah di atur dalam PP Nomor 69 Tahun 1991 tentang Pemeliharaan Kesehatan Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun, Veteran, Perintis Kemerdekaan, Beserta Keluarganya.

Manfaat Asuransi Kesehatan secara umum

Membantu ketersediaan untuk semua kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi. Secara umum, jenis perawatan atau program yang tersedia adalah manfaat rawat jalan (outpatient), manfaat rawat inap (inpatient), manfaat persalinan, dan manfaat perawatan gigi.

Manfaat yang akan diterima oleh pemegang polis asuransi kesehatan meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya melahirkan, biaya darurat (emergency service). Adapun manfaat perawatan lainnya yang meliputi dari pencegahan, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, dan pemasangan gigi palsu.

Manfaat rawat jalan meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat menggunakan resep, biaya atas tindakan pencegahan, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Terdapat batas maksimum penggunaan dana setiap tahunnya dalam manfaat rawat jalan.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Pilihlah asuransi yang memiliki track record yang bisa dipercaya dengan produk dan pelayanan yang prima. Perusahaan Asuransi yang baik , biasanya memiliki banyak cabang dan Anda bisa melihat beritanya melalui media atau internet.

Cermati manfaat polis tersebut dan premi yang harus dibayarkan, disarankan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Pelajari terlebih dahulu pelayanan seperti apakah yang mereka tawarkan dan apa keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Baca seluruh pasal demi pasal secara mendetail, karena biasanya mereka sering mencantumkan syarat-syarat yang kurang jelas atau bias maknanya. Pilihlah asuransi yang berdasarkan nilai ekonomis pengganti jika nantinya Anda membutuhkan biaya untuk pengobatan dan bukan karena dilihat dari nilai preminya.

Pelajari dan ketahui program asuransi kesehatan secara kolektif, karena beban premi yang dibayarkan akan jauh lebih murah. Kita bisa mengasuransikan diri kita sendiri dan mengajak keluarga kita untuk mengikuti program asuransi sebagai langkah antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Demikianlah artikel mengenai manfaat asuransi kesehatan sosial seperti asuransi BPJS. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga.