Ide Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil


Banyak karyawan yang ingin memulai usaha sampingan, karena mereka tidak tahu kapan karir karyawan akan berakhir. Dengan memiliki usaha sampingan, karyawan juga memiliki pemasukan tambahan. Namun banyak karyawan yang bingung memulai sebuah usaha. Mereka takut tidak bisa mengelolanya atau modal yang kurang. Berikut ini ide usaha sampingan karyawan dengan modal kecil yang bisa anda mulai.
Jasa Laundry
Laundry menjadi jasa yang banyak dicari saat ini. banyak orang yang tidak punya waktu untuk mencuci atau menyetrika. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan buat anda. apalagi anda tinggal di dekat kampus atau perkantoran. Bahkan sekarang di desa-desa pun, banyak orang yang mencari usaha laundry ini. anda hanya butuh modal untuk membeli mesin cuci dan membayar karyawan. Mulailah dengan satu mesin cuci, kemudian bisa dikembangkan terus menerus. yang paling penting berikan pelayanan terbaik.
Jual Pulsa dan Kuota Internet
Pulsa dan kuota internet menjadi hal yang banyak dicari saat ini. karena kebutuhan internet semakin tinggi. Oleh karena itu anda bisa memulai jual pulsa dan kuota internet. Modal yang dibutuhkan tidak besar. dengan modal 1 juta hingga 3 juta sudah bisa memulainya. Anda bisa membuat konter kecil-kecilan di rumah. Lalu biarkan istri atau saudara anda menjaganya. Anda juga bisa menjual ke teman-teman kantor. Untungnya memang kecil tapi bila pembelinya banyak, keuntungan semakin berlipat-lipat.
Menjadi Blogger
Anda suka menulis, kenapa tidak mencoba menjadi seorang blogger. Ini bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Selain itu anda tidak butuh modal yang besar, hanya perlu membuat website atau blog saja. anda bisa menulis suatu hal yang anda sukai. Bisa pengalaman menjadi karyawan, tips seorang karyawan, dan lainya. Jika anda suka gadget atau make up, bisa mencoba untuk review produk. Anda bisa menulis di waktu senggang, seperti akhir pekan atau saat libur. Pastikan menulis artikel yang menarik, sehingga semakin banyak uang yang didapatkan.
Jualan Online
Tren jualan online semakin berkembang terus menerus. sekarang banyak orang yang memilih belanja online dibandingkan datang langsung ke toko. Para karyawan bisa memulai bisnis ini dengan mudah. Jika modal anda terbatas, bisa memulai dengan sistem dropship. Jika memiliki cukup modal bisa stok barang jualan. Ajak orang lain untuk bekerjasama, mereka yang akan menghandel bisnis anda. anda juga bisa melakukannya disela-sela pekerjaan kantor. Pastikan bisnis ini tidak mengganggu pekerjaan anda. ada banyak produk yang bisa anda jual. Seperti tas, kaos, baju, jilbab, obat herbal dan masih banyak lainnya.
Jasa Cuci Motor
Untuk membuka jasa cuci motor membutuhkan modal 2 juta hingga 10 juta. Anda perlu membeli pompa air, kain lap, kompresor dan lainnya. jika di depan rumah anda terdapat lokasi kosong yang strategis bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis ini. selain itu anda bisa membuka peluang pekerjaan untuk tetangga anda. jika tidak mempunyai tempat sendiri. anda harus alokasinya modal untuk sewa tempat, membeli barang, gaji karyawan dan biaya operasional.
Jasa Desain Grafis
Jika anda karyawan di perusahaan desain, tidak ada salahnya untuk membuka jasa desain grafis freelance. Jadi selain mendapatkan gaji dari perusahaan, anda juga mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa mempromosikan jasa anda melalui sosial media. Pastikan perusahaan anda mengijinkan karyawannya untuk menjual jasa desainnya ke orang lain. karena ada beberapa perusahaan yang tidak mengijinkan hal tersebut. jika ada melanggar, bisa terkena sanksi atau dipecat.
Masih banyak ide peluang usaha online karyawan yang bisa anda mulai. Misalnya menjual kue, membuka usah pengetikan, jasa penerjemah, makelar properti dan masih banyak lainnya. pastikan usaha yang anda mulai tidak mengganggu pekerjaan anda. caranya bisa bekerjasama dengan orang lain atau mencari karyawan. Jadi anda yang menjadi pemodal dan orang lain yang mengerjakannya. Mulailah usaha dari bawah jika modal tipis. Anda bisa mengembangkannya sedikit demi sedikit. Jika sudah sukses tidak ada salahnya untuk resign dan memulai fokus dengan bisnis anda. demikian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.